Thursday, September 8, 2016

8 Ide Cerita K-Drama Yang Belum Pernah Ada Di Sinetron Indonesia

Halo, gais !
Jumpa lagi kita ya, kali ini aku kembali membahas tentang K-Drama. Topik yang satu ini emang ga akan ada matinya untuk dibahas, beneran ga gais ?

Sebagai seorang penikmat tontonan sejati, aku meyakini banget, bahwa tontonan yang baik itu adalah yang mampu memberi hiburan sekaligus mengedukasi. Jadi tontonan yang cuma tebar wajah cantik, body seksi tanpa ada satu pun pembelajaran yang didapat itu bagi aku non sens banget lah.

Kalo kamu-kamu adalah juga penikmat drama Korea seperti halnya aku pasti udah tau banget, kalo drama Korea memiliki beragam ide cerita yang bener-bener mampu memberi edukasi kepada penontonnya. Meskipun ide cerita itu dibalut dalam genre yang sama, tapi faktanya mereka tetap saja bisa menyajikan cerita itu dengan apik dan meninggalkan kesan yang tidak terlupakan diingatan penonton.

Ga usah muna deh, meski pun kamu bukan K-drama lover, tapi kamu memang harus melek nih bahwa ide cerita di sinetron Indonesia itu boleh dibilang 'flat' tanpa ada ilmu tambahan sama sekali untuk penontonnya. Bener kan ?

Sejak mengenal K-Drama dan menyaksikan belasan (bahkan mungkin puluhan) drama dari berbagai genre dan tema, akhirnya aku menarik kesimpulan, bahwa ada banyak ide cerita di drama Korea itu yang ternyata belum pernah ada di sinetron Indonesia. Apa saja itu ? Yuk, mari, check this out !

1. Cerita dunia beda dimensi

Salah satu drama dengan ide cerita beda dimensi ini lagi on going nih Korea sana. Apa lagi kalo bukan W2W yang di bintangi oleh Lee Jung Suk dan Han Hyo Jo. Drama dengan ide cerita beda dimensi ini bukan hal yang baru di Korea, hanya saja mereka mampu mengemasnya sedemikian rupa sehingga penonton ga merasa bahwa cerita yang mereka tonton adalah klise.

Pernah nonton drama Korea Faith yang di bintangi aktor keren Lee Min Ho ? Atau Queen In Hyun Man yang di bintangi si cantik Yoo In Na. Nah, dua drama terakhir ide ceritanya kurang lebih sama lho, gais. Kalo di W2W dimensinya antara dunia nyata dengan dunia webtoon, nah .. Faith dan QIHM bercerita tentang dunia masa sekarang dengan masa lampau.


Jend. Choi Young dari zaman dinasty Goryo bertemu dr. Yoo dari masa depan lewat 'pintu surga'


Di drama ini, Kim Boong harus rela bolak-balik mati agar bisa ketemu sama Choi Hee Jin


W2W, antara webtoon dan dunia nyata. Mana yang Kang Chul pilih ya ?


Dari cerita beda dimensi ini penonton jadi dapat pengetahuan tambahan juga lho gais. Dari W2W misalnya, penonton jadi tau bahwa jadi komikus itu ga gampang. Selain jago menggambar, seorang komikus juga harus pinter nulis lho. Kalo ga gimana komik yang mereka bikin bisa jadi bagus ? Trus, untuk menerbitkan sebuah komik juga ga bisa seenak udel komikusnya aja, tetap ada editor, tetap ada penerbit. Jadi drama ini selain menghibur juga memberi edukasi kepada penontonnya.

Sekarang pertanyaannya, Indonesia punya ga nih sinetron dengan ide cerita beda dimensi gini ?
Kalo ada rekomin dong, aku juga pengen nonton :)

2. Cerita dunia fashion

Baby Faced Beauty, I Need Romance 3, Cinderella Man, I Do I Do, Style adalah sederet drama Korea yang mengangkat tema fashion. Drama ini tidak melulu menceritakan tentang konflik cinta antara para karakternya, tetapi ada edukasi yang diberikan kepada penonton seputar dunia fashion.

Cinderella Man : designer baju

I Do .. I Do, perancang sepatu

Jadi jika diantara penonton ada yang berminat untuk menggeluti dunia fashion, entah itu jadi designer-nya, jadi model-nya atau pengen usaha butik bisa banget mencuri ilmu dari drama ini. Karena di drama ini penonton di beri tahu bahwa menjadi designer yang baik itu bagaimana, menjadi model yang baik itu bagaimana dan menjadi pemilik toko fashion yang baik itu bagaimana.

Kira-kira sinetron Indonesia punya cerita dengan tema ini ga, ya ?

3. Cerita misteri pembunuhan berantai

Hmm.. tema yang satu ini memang berat nih, gais. Tapi bukan berarti ga bisa diangkat sebagai ide cerita drama kan ? Buktinya di Korea sana drama dengan ide cerita ini memiliki rating yang bagus lho. Dan penonton yang menyaksikan juga berhasil dibuat untuk belajar berpikir dan menganalisa suatu kejadian.

ada psikopat sadis di Gap Dong

Ada pembunuh berdarah dingin di Sensory Couple


Drama Gap Dong, Sensory Couple, atau yang lawas ada Hits adalah beberapa drama yang mengangkat cerita tentang pembunuhan berantai. Mereka berhasil menggambarkan kekejian pelaku pembunuhan tanpa harus terlihat brutal, tapi kesan mencekamnya sampai ke penonton. Nah, lho. Keren, kan ?

Menurut kamu nih, sinetron Indonesia berani ga ya ngambil tema ini ?

4. Cerita dunia kedokteran

Ini adalah salah satu tema yang termasuk kategori berat, ya, gais. Karena drama-drama Korea yang menyajikan cerita tentang dunia kedokteran ini betul-betul menayangkan bagaimana sebuah proses operasi berlangsung. Selain istilah-istilah medis yang rumit, seorang penulis skenarionya pasti dituntut untuk mampu menggali info yang akurat perihal dunia kedokteran ini. Aku salut banget sama Korea yang mampu menghadirkan drama dengan tema kedokteran ini ketengah-tengah masyarakat.

dr. Lee, yang kontroversial di D-Day

Ji Sung, jadi dokter yang kurang di hargai di New Heart

Prof. Hong dan dr. Yoo, duo dokter yang selalu berhasil dalam operasinya


The Doctors, Yong Pal, dr. Bong, New Heart, D-Day adalah sekian dari banyak drama Korea yang mengangkat tema dunia kedokteran. Berkat drama dengan tema ini kita yang orang awam ini jadi tahu, bahwa seluk beluk dunia medis itu rumit. Betapa diagnosa seorang dokter tidak bisa keluar tanpa ada pemeriksaan yang mendalam. Dan bahwa dokter itu adalah sebuah profesi yang membutuhkan komitmen yang tidak setengah-setengah. Menjadi dokter tidak cukup hanya dengan bermodalkan uang yang banyak (karena biaya kuliahnya mahal). Menjadi dokter dibutuhkan orang-orang yang bermental baja dan memiliki hati nurani seluas samudra.

Halo, para PH. Bikin cerita tentang dunia kedokteran dong. Bisa ga ?

5. Cerita tentang tentara

Ahaaii.. kalo udah ngomongin tentara kok jadi ingat sama oppa Joong Ki ? Hmm.. sepertinya aku masih belum bisa sepenuhnya move on dari pesona Sang Kapten. Hihihi..

Yup, bagi kamu yang K-drama lover pasti tau bangetlah sama drama yang mengangkat tema ini. Iyyaahh.. salah satunya yaitu Descendant of The Sun. Tapi di Korea sana, cerita tentang dunia militer ini sih bukan hal yang baru ya. Aku pernah nonton Road No. 1 yang di bintangi sama aktor seksi So Ji Sub. Dan sekarang mereka sedang memproduksi lagi drama dengan tema yang sama yang kabar-kabarnya akan dibintangi oleh So Ji Sub dan Song Joong Ki juga. Hoho.. udah pada ngeh kan drama yang aku maksud itu ?

Kapten Yo Si Jin yang imuuuutt tapi macho ! *hug*

So Ji Sub jadi Kapten Lee Jang Woo yang mengagumkan ^^


Nah, kira-kira sinetron kita kapan ya bakal mengangkat tema-tema ini ?

6. Cerita vampir

Di Korea sana drama yang mengangkat cerita dengan tokoh vampir itu yang aku tahu ada 2 yaitu Vampire Prosecutor dan Vampire Detective. Dari judulnya kurang lebih dapat gambaranlah ya, gais. Drama ini bercerita tentang vampir yang menjadi jaksa dan detektif di dunia manusia.

Kalo vampirnya setampan ini, aku mau dong ^.^

aw.. aw.. kalo vampirnya sekeren ini gimana mo larii ? lari mendekat deh kayaknya .. hahaha

7. Cerita tentang alien 

Cerita tentang alien yang tertinggal di bumi trus jatuh cinta sama manusia adalah cerita yang ada dalam drama My Love From the Star yang dibintangi oleh Kim So Hyun dan Gina Jun. Drama ini booming banget di masanya.

Alien di My Love From the Star ini bikin baper habis :)


Eh.. tapi drama dengan tema ini pernah ditiru lho sama salah satu PH tanah air, kalo ga salah bintangnya Nikita Willy, deh. Cuma kayaknya banyak yang protes dan akhirnya sinetronnya ga jadi tayang. Hahaha.. buat sinetron itu mbok ya yang kreatif dikit napa ? Ide cerita boleh sama, tapi tetap penyajiannya harus beda dong. Ya, nggak, gais ? 

8. Cerita tentang chef atau koki

Drama Pasta adalah salah satu drama Korea yang mengangkat cerita tentang dunia masak-memasak ini. Aku mendapat ilmu yang cukup banyak lewat drama ini, karena selain menceritakan tentang dunia koki, drama ini sedikit banyak fokus pada menu masakan Italia.

berkat drama ini jadi tau, salah satu cara ngilangin pahitnya ginseng yaitu dengan susu :)

lewat drama ini jadi tau, kalo pembuat kopi di sebut barista


Okkey, itu dia 8 Ide Cerita Drama Korea Yang Belum Pernah Ada di Sinetron Indonesia.
Mungkin ada tambahan lagi, gais ?
Share di comment yaaa :)
Thanks for reading.







0 comments:

Post a Comment


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal