Sunday, August 7, 2016

Stimulasi Kecerdasan Matematik Logis dengan Sempoa Dari Botol Chil Go

Selamat siaaanggg :)

Aduduuuu... hari ni cerah banget, ya, gais ?
Secerah hatiku yang bisa main seharian dengan Aira.
Ye, keles. Bolehlah emaknya ini merasa bahagia, soal e itu anak sehari-harinya harus di tinggal karena ayah dan bundanya kudu lari sana
-sini banting tulang, demi sesuap nasi dan sebongkah berlian. Eh.

Oh ya, kamu-kamu udah pada tau lomba yang diadain sama Morinaga Chil Go gak nih ?
Kalo belum, boleh baca info lengkapnya di sini, ya.

Baca juga Bekali Masa Depan Anak dengan Stimulasi Kecerdasan Majemuk bersama Morinaga Chil Go

Lomba ini menantang kita nih para orang tua untuk menceritakan ide kreatif dalam menstimulasi kecerdasan majemuk pada anak.

Aku jadi ingat, semenjak Aira kecil, aku dan ayahnya memang selalu berusaha memberi stimulasi untuk membangun kecerdasannya.

Agar dia bisa menghapal huruf dan angka dengan cepat, sejak ia berusia 1 tahun kami beri stimulasi dengan cara menempelkan abjad dan angka pada semua mainannya. Jadi secara tidak langsung, sambil bermain dia pun belajar mengenal huruf dan angka. Hasilnya memang sesuai harapan kami, Aira hapal dan mengenal abjad dari A-Z dengan baik dan juga mampu berhitung dari 1-20 lalu hitung mundur dari 10-1 dengan benar.

Begitu juga ketika ia berusia 2 tahun, kami mengganti tempelan mainannya dengan suku kata, dengan tujuan menstimulasi kemampuannya dalam membaca. Dan Alhamdulillah, diusianya yang belum genap 4 tahun, ia telah bisa membaca beberapa kata.

Saat itu kami tidak paham kalau apa yang kami lakukan itu adalah bagian dari upaya stimulasi kecerdasan majemuk. Yang kami tahu saat itu kami berupaya untuk membangun kecerdasannya.

Untunglah, aku mendapat informasi yang begitu bermanfaat dari lomba yang di adakan oleh Morinaga ini. Disini aku baru tahu bahwa ada 8 tipe kecerdasan majemuk. Dari sini jugalah aku paham, bahwa apa yang aku lakukan untuk membangun kecerdasan Aira saat kecil adalah salah satu cara untuk membangun kecerdasan tipe visual spatial.

Sekarang, Aira telah berumur 6 tahun, dan dia sekarang telah duduk di bangku Sekolah Dasar. Untuk mendukungnya agar menjadi generari platinum yang multitalenta, kali ini aku memberikan stimulasi untuk kecerdasan Matematik Logis. Caranya yaitu dengan menggunakan Sempoa Dari Botol Chil Go.

Sesuai namanya, Sempoa ini memang terbuat dari Botol Chil Go bekas. Dalam proses pembuatannya aku sengaja melibatkan Aira, dengan harapan mengenalkannya pada kreatifitas sejak dini. Jadi, ibarat pepatah ni, ya, sekali merengkuh dayung, 2 pulau terlampaui. Dengan satu kreasi barang bekas, aku telah menstimulasi 2 tipe kecerdasannya, yaitu kecerdasan visual spatial, dan juga kecerdasan matematik logis.



Bagi kamu-kamu yang pengen tahu cara membuat Sempoa dari Botol Chil Go ini, oke, berikut aku kasih detailnya, ya.

Bahan :
  • 6 buah botol Chil Go bekas
  • 6 buah sedotan (masing-masing disambung hingga menjadi 3 batang sedotan)
  • Kotak bekas
  • Lem
  • Gunting
Cara membuat :
  • Potong bagian kepala botol, kemudian lobangi bagian bawahnya
  • Buat empat buah kolom pada botol, lalu beri nomor berurut sesuai kelipatan perkalian
  • Masukkan sedotan melalui lobang pada bagian bawah botol
  • Gabungkan botol pertama dan kedua dengan menggunakan lem
  • Lobangi satu sisi kotak seukuran sedotan, kemudian pasanglah botol tadi pada bagian dalam kotak, dengan sedotan sebagai penyangganya.
  • Pada salah satu sisi kotak, buat nomor 1-10
  • Dan sempoa siap untuk di gunakan





Cara menggunakan Sempoa Dari Botol Chil Go
  • Angka pada bagian atas botol adalah angka dasar dalam hitungan perkalian
  • Angka pada sisi kotak adalah nilai pengalinya
  • Angka pada botol yang sejajar dengan nilai pengali adalah hasilnya



Ada yang mau mencoba ?
:)

11 comments:

  1. wah kreatif, kreatif sekali itu mah

    ReplyDelete
  2. Wah kreatif pake banget. Anak jadi senang matematika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iua mba tian,, dia jadi semangat belajarnya..

      Delete
  3. Kreatif banget Mbak, tapi anak aku blm bisa nih aku buatin, hehe
    Ntar kalau sudah sekolah kali yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, ntar kalo udah SD boleh dicoba :)

      Delete
  4. baru tau, ada metode dari produk ini..mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas,, dan caranya pun mudah..

      Delete
  5. ih lucu banget deh... simple bangeet mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba,, cara buatnya simple,, cara makenya pun simple :)

      Delete
  6. Wah mba ini yang menang BMD Chil-Go ya? Kreatif banget mengajarkan perkalian. Anak-anak jadi cepat paham. Selamat yaa

    ReplyDelete


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal