Thursday, July 14, 2016

5 Cara Hemat Renovasi Rumah Bersama Sejasa.com

Hallo, gais ?
Lagi santai kah hari ini ?
Kalo aku lagi agak mumet nih. Ngeliat rumah yang makin kesini makin amburadul. Meskipun udah dirapihin dari pagi hingga malam, eh .. tetap aja kok ini mata sumpek banget liatnya. Kayaknya ada sesuatu yang perlu dibenahin biar rumah ini berasa lapang, sehingga hati pun terasa lega, selega perasaan saat ketemu kembali sama sang mantan. Eaaaa..

Yup, kalo ruangan-ruangan demi ruangan di dalam rumah udah ga bisa lagi menampung segala macam pernak-perniknya, maka hanya ada satu jurus yang mampu mengatasinya, yaitu Renovasi. Yes, I need to renovation.

Seperti yang kita udah ketahui bersama, rumah adalah tempat berkumpul dengan keluarga tercinta, sekaligus menjadi tempat beristirahat melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Jadi pengennya tuh rumah selalu terasa aman dan nyaman. Tapi, kalo kapasitas ruangan udah ga balance lagi sama jumlah barang lha piye ? Bukannya rasa aman dan nyaman yang didapat, yang ada justru stress karena ga bisa menikmati waktu istirahat dengan leluasa. Karena itulah maka renovasi rumah merupakan hal yang wajib banget untuk dilakukan.

Tapi .. eh .. tapi .. ngomong-ngomong soal renovasi rumah, itu bukanlah sesuatu hal yang bisa dilakukan dengan asal-asalan lho, gais. Karena pernah kejadian pada salah satu kenalanku beberapa waktu yang lalu, niat dia untuk merenovasi rumah agar lebih nyaman berubah menjadi malapetaka ketika atap ruang tamunya ambrol hanya beberapa minggu setelah renovasi. Mana beliau udah keluar uang banyak lagi untuk renovasi, tapi hasilnya kok mengecewakan. Berkaca dari pengalaman kenalan itu, maka aku pun gak mau latah asal-asalan dalam renovasi.


5 Cara Hemat Renovasi Rumah Bersama Sejasa.com

Biar renovasi rumah idaman berjalan dengan sesuai yang diinginkan, ada caranya nih gais. Tips ini datang dari pakarnya, jadi dijamin gak akan mengecewakan. Apa saja itu, yuk check this out :) 

shutterstock_83706283.jpg


1. Penting untuk membuat RAB Rumah

RAB atau Rancangan Anggaran Biaya merupakan estimasi biaya yang diperlukan dalam mengatur dan merencanakan anggaran renovasi rumah secara hemat dan akurat. Dengan adanya RAB ini kita gak akan mengalami yang namanya over budgeting.

Jadi nih ya, sebelum merenovasi rumah kita hitung dulu deh pundi-pundi amal rupiah yang kita punya. Misalnya 10 juta. Nah dengan menetapkan anggaran pada nominal itu, maka kita bisa prepare langkah berikutnya sehingga ga akan melebihi budget yang udah dicanangkan.


2. Gunakan jasa arsitek untuk desain bangunan

Seperti yang aku ceritakan di atas tadi, gais. Kenalanku itu mengalami kerugian yang ga sedikit gara-gara pengerjaan renovasi rumahnya dilakukan tanpa perencanaan yang baik. Demi irit biaya, dia renovasi rumahnya tanpa melibatkan orang-orang yang kompeten dibidangnya. Hasilnya ? Sungguh terrrrllaaaluu. Hhmm.. kalo aku ga maulah ngalamin hal itu juga. Dari pada dari pada, lebih baik lebih baik, kan ? Yes, hayuuuk konsultasi ke arsitek. Mengapa begitu ? Karena arsitek tak hanya berperan dalam membuat gambar rumah, tetapi juga berperan dalam perencanaan dan pembuatan desain bangunan, seperti denah rumah dan detail arsitektur.

3. Gunakan jasa kontraktor jika sudah memiliki rencana

Budget udah ada, desain bangunan pun udah stand by. Langkah selanjutnya adalah pengerjaan. Aku flashback lagi sama ceritaku diatas ya, ga mau kan kejadian kayak itu ? Kalo gak mau, hayyoo gunakan jasa kontraktor yang jelas dan berpengalaman. Demi keamanan ga perlu terlalu perhitungan deh, ntar terpilih tukang bangunan yang kurang kompeten lagi. Rancang bangun pengennya rumah minimalis, eh jadinya minim banget tanpa teralis. Ga mau kaaan ? Maka dari itu, gunakanlah kontraktor karena mereka bisa melakukan apa yang kamu minta sesuai desain yang diberikan.

4. Renovasi ruangan yang diperlukan saja.

Kadang-kadang nih ya, godaan untuk pengen lebih itu besaaar banget. Apa lagi kalo liat rumah tetangga yang mentereng, pengennya pun punya seperti itu. Padahal budgetnya ga sesuai, atau space tanah tidak cukup tapi masih juga dipaksain untuk ikut stylenya rumah tetangga. Bahkan terkadang, ruangan yang udah bagus dan ga perlu direnovas pun, ikut-ikutan direnovasi. Padahal mubazir, kan ?

Emang ga salah sih, karena memang itu adalah hak segala bangsa. Tapi jika kamu tetap ngotot untuk melakukannya, yah harus siap dengan konsekuensinya yaitu harus keluar biaya lebih.

Menurut aku ga perlu begitu deh, gais. Ga perlu laper mata. Beda orang beda kebutuhannya. Kalo tetangga punya ruang tamu seukuran lapangan bola, yah mungkin aja karena dia adalah seseorang yang sering menerima tamu dalam jumlah banyak makanya butuh ruangan segede itu. Sementara kita yang terima tamu cuman pas lebaran aja masa sih harus ikut-ikutan punya ruangan tamu sebesar itu ? Yuk, tahan diri dan keinginan kita dengan tetap fokus dan prioritaskan bagian rumah yang memang membutuhkan renovasi.

5. Pilih penyedia jasa renovasi rumah yang terpercaya.

Langkah-langkah nomor 1-4 diatas, memang bisa dilakukan oleh kita sendiri. Kita yang siapin budget, trus hunting arsitek, trus hunting lagi kontraktornya baru deh proyek berjalan. Ada satu langkah yang sangat simple yang bisa merangkum semua langkah itu dalam waktu singkat yaitu dengan menggunakan penyedia jasa renovasi rumah. Pada penyedia jasa ini kita cukup menyebutkan budget yang dimiliki, maka langkah selanjutnya disediakan oleh mereka. Lewat penyedia jasa renovasi ini kita juga bisa sekalian berkonsultasi.

Penyedia jasa renovasi yang terpercaya ini bisa didapatkan di Sejasa.com. Di Sejasa.com kita akan dihubungkan dengan ahli jasa renovasi rumah yang terpercaya dan berkualitas. Cukup dengan mengunjungi Sejasa.com kemudian mengisi form request renovasi rumah secara mendetail, trus dapat deh penawaran berupa estimasi harga dan informasi detail dari penyedia jasa renovasi rumah. Nah, tinggal kita nih mau pilih yang mana sesuai dengan budget dan kebutuhan kita.

Capture renovasi rumah.JPG

Simple banget, kan ? Berikutnya kita tinggal duduk manis sambil menyeruput teh hangat yang sehangat kenangan mantan. Eeeeaa..
*ini dari tadi yang diomongin mantan mulu, apa maksudnya ?*
*entahlah*
*abaikan kalimat diatas*

Yuk.. ah.. aku mo ke mantan dulu.. aaeehh.. tuh kan salah lagi.. ke Sejasa.com dulu maksudnya.
Ciiayooo...











This entry was posted in

3 comments:

  1. tentunya juga siapkan dana ya, sekarang itu bangun atau renovasi itu harus diperhitungkan dananya agar gak habis di tengah jalan, palagi kadang suka nambah2in di tengah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mak, itu dia yang ada di point 1 :)

      Delete
  2. kapan ya punya rumah ndiri?

    salam blogger

    mediablog4you

    ReplyDelete


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal