Sunday, June 19, 2016




Ketika hariku ditentukan oleh Ctrl+Alt+Del

Ini bukan tentang K-Drama yang berjudul sama yang dibintangi oleh Moon Chae Won itu ya gais, tapi ini adalah tentang kejadian yang aku alami kemarin. Kalo di K-Drama MoodOf The Day, diawali dengan peristiwa naas first femalenya yang ketimpuk bola basket dipagi hari *apes banget sih mbaak*. Sedangkan aku cukup puyeng dengan instruksi bos yang tiba-tiba minta aku periksa semua komputer di kantor.

Sumber



Yang membuat miris itu bukan perihal tugasnya, karena memeriksa komputer itu satu-satu kan ga begitu rumit ya, karena ga perlu stetoskop, aku cuma nyalain, trus biarkan beberapa saat, klik beberapa aplikasi dan software yang ada, kalo komputernya berjalan biasa, ga nge-hang, berarti udah bisalah di bilang oke. *Ini sih standarnya mak-mak banget, hahaha*.

Yang bikin puyeng itu adalah semua komputer di kantor itu ada passwordnya. Dan sialnya, si empunya komputer udah ga pada kerja lagi karena pengurangan tenaga kerja waktu itu. Sejak Chevron mengadakan pengurangan man power besar-besaran pada bulan April lalu, yang akhirnya berimbas pada banyaknya proyek yang berakhir, dan perusahaan-perusahaan kontraktor pun terpaksa merumahkan karyawannya. Dan hal ini membawa pengaruh yang siginifikan bagi usaha yang ada di Duri. Bukan rahasia lagi, 60% warga Duri berkerja di perusahaan kontraktor Chevron.




Salah satu efek paling tragis yang aku rasakan adalah, kami harus rela ditinggal rekan-rekan kerja yang masuk daftar PHK. Dan aku adalah salah satu yang merasakan dilema, antara simpati atau bersyukur. Rasanya sedih melihat teman-teman kehilangan perkerjaan, tetapi disatu sisi aku juga harus bersyukur, karena masih memiliki perkerjaan.

Okeh, kembali ke topik. Jadi aku puyeng, pusing, dan galau, tapi juga gengsi. Iyyaahh, aku ini orangnya gengsian banget. Jadi disaat bos mempercayakan satu tugas kepadaku, rasanya gengsi banget kalo aku nolak karena alasan ga tau caranya. Lain cerita kalo tugas itu diluar hal yang biasa aku kerjakan, perbaiki genteng misalnya, atau perbaiki sambungan listrik yang korslet. Kalo disuruh ngerjain itu mah aku ga bakalan gengsi buat nolak, karena memang ga berhubungan dengan yang biasa aku kerjain.

Nah, sekarang yang disuruh bos kan ngecek komputer, bukan pula memperbaiki komputer, masa aku nolak dan bilang ga bisa ? Gengsi banget kan ya ? Kalo kerjaan kecil seperti itu aja aku ga bisa, gimana dia bisa kasih tugas yang lebih bagus ?

Fix, karena gengsi, dengan pede aku pun bilang “OKE”, setelah itu jongkok di pojokan. #hayati-bingung-bang.

Cara membuka password di Windows 7

Episode selanjutnya udah pasti dong aku putar otak buat cari solusi. Cara simplenya sih ada ya, aku kan tinggal telpon teman-teman yang eks-user komputer itu, trus nanyain passwordnya. Tapi, kok hati kecil ini kembali dilema, rasanya aku ga tega ngebebani mereka dengan pertanyaan seputar kantor lagi, rasanya kok seperti membuka luka lama dihati mereka, akhirnya aku pun kembali jongkok di pojokan. #Hayati ga tega bang.

Tapi apa iya aku harus semelow ini ? Hanya gara-gara komputer gitu ? Iihh... cemen bangett !

Gak lah. Percuma dong dunia ini memiliki si jenius Google. Sama beliau mah ga perlu gengsi n malu buat nanya-nanya. Karena dijamin 100%, dia bisa merahasiakan apa-apa yang kita pertanyakan. Percaya deh.

Dan, setelah mengetikkan kata kunci “Cara membuka password Windows 7” aku pun mendapatkan cara untuk mengatasi dilema tadi. #Oh-hayati-sungguh-bahagia-bang.

Jadi, rasanya aku juga terlalu pelit deh kalo ilmu gretongan gini disimpan sendiri. Dan mumpung dalam suasana ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana kita dianjurkan untuk selalu berbagi kebaikan. Dan ini adalah salah satu caraku untuk berbagi kebaikan, yaitu dengan berbagi tips Cara Membuka Password Windows 7 :

1.      Nyalakan komputer
2.      Ketika muncul “Starting Windows”, tekan tombol Ctrl+Alt+Del
3.     Dilayar berikutnya pilih “Launch Startup Repair”. Proses ini berlangsung selama kurang lebih 2-3 menit, pada dialog box berikutnya klik “Cancel”. Proses sesudah ini berlangsung agak lama, kurang lebih 8-10 menit.
4.     Selanjutnya muncul lagi dialog box, cari tanda panah dibawah pilihan ‘dont send’, klik tanda panah itu, setelah muncul keterangan scroll ke bawah, klik opsi yang paling bawah.
5.      Akan terbuka file notebook, klik file, lalu open.
6.      Setelah itu, cari folder System32 di lokal data (biasanya di partisi C, folder windows). Oh ya jangan lupa, pada opsi Type Document pilih All File
7.      Cari file dengan nama ‘sethc’, ubah namanya menjadi ‘sethccjk’
8.      Cari file ‘cmd’, copy, lalu paste (hasilnya jadi cmd_copy), ganti namanya menjadi ‘sethc’
9.      Lalu close, dan klik finish. Setelah ini komputer akan mati.
10.  Nyalakan kembali komputer, dan biarkan loading seperti biasa sampai muncul tampilan user dan password. Di kolom password tekan shift dengan cepat sebanyak 5x. Ini tujuannya untuk menampilkan command promt yang kita set di lokal data tadi.
11.  Selanjutnya akan muncul jendela command prompt, ketikkan ‘net user’ lalu enter
12.  Hasilnya akan muncul data administrator dan user account komputer kita.
13.  Langkah berikutnya adalah mengganti atau menghapus password yang ada dengan cara, ketikkan net user  user account *. Ingat ya, agar commandnya berjalan, pastikan ada spasi sebelum tanda bintang. Dan satu lagi, jika user account kamu terdiri dari 2 kata atau lebih, maka tambahkan tanda petik diawal dan akhir user account.
14.  Jika kamu ingin menghapus password yang ada, maka tekan enter 3x sampai tulisan succesfully muncul. Atau kamu juga bisa mengetikkan password yang diinginkan disetiap pilihan yang ada, sampai tulisan succesfully muncul.
15.  Dan selesai. Selanjutnya kamu bisa login tanpa password atau dengan password yang baru kamu buat.

Ga sulit kan gais ?
Oh ya, kalo penjelasanku kurang jelas, karena bahasanya rada-rada absurd, seabsurd K-Drama Mood Of The Day yang reviewnya bisa kamu baca di sini, kamu juga bisa banget lho lihat step by step di tempat aslinya di sini.

Oke ya, sampai jumpa di postingan berikutnya.
See ya..







6 komentar

Aq sering jg guggling klo urusan komp..tp males nyatat kyak gini, pdhal sering jg ketemu masalah yg sama hehehh jd guggling lg terus.. thanks buat idenya ya, lain kali dicatet ahh ��

REPLY

Oh ternyata ada ya cara buka password gitu, nggak jadi pusing dong mbak

REPLY

hehe.. iya mba.. jadi lebih mudah aja kan kedepannya, tiap kali butuh ga perlu searching lagi, cukup buka blog sendiri ajjah.. gitu..

REPLY

iya mba.. ada.. makanya saya ga pusing lagi, hehe

REPLY

Emang ga salah ya pepatah lama bilang. Dimana ada kemauan disana pasti ada jalan

REPLY

Oh bgtu y mbak... tfs :)

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id