Friday, June 17, 2016

Kisahku dan Penyakit 

Aku adalah salah satu saksi hidup dimana orang-orang terkasih harus pergi karena direnggut penyakit. Ayah yang didera strooke selama sepuluh tahun akhirnya berpulang di tahun 2007, dan ibu  yang harus menyerah karena jantung pun menyusul di tahun 2009. Masa-masa suram disaat melihat mereka terbaring tak berdaya dan merintih kesakitan di tempat tidur gak akan pernah bisa aku lupakan sampai kapan pun. Ditambah lagi dengan masa-masa kelam disaat kehilangan mereka yang menyisakan rasa perih dan trauma. Khawatir aja kalau-kalau berikutnya adalah giliranku atau pun kerabat lainnya. Terlebih lagi saat ini mertua juga telah dibayang-bayangi penyakit maag dan hipertensi. Gara-gara itu setiap harinya kami selalu kuatir dan was-was akan kesehatan mereka. Saking traumanya, mereka lagi tidur pulas pun aku amati dekat-dekat. Cemas banget kalo-kalo  penyakit itu merenggut mereka dari hidup kami.

Satu hal lagi yang sangat tidak mengenakkan ketika berhadapan dengan penyakit itu adalah masalah uang. Biaya yang tidak sedikit selalu menghantui proses pengobatan mereka. Apa lagi jika penyakit itu adalah penyakit berbahaya yang menuntut biaya pengobatan yang super duper mahal. Jadi ketika ada orang yang bilang sehat itu mahal, aku kurang setuju. Karena faktanya sakit itulah yang mahal. Mahal harga obatnya, biaya rawat inapnya, sampai ke biaya untuk yang jagain si sakit tadi. Benar-benar harus merogoh kocek sampe sedalam-dalamnya.

Zaman Modern = Banyak Penyakit

Pernah dengar ga, ada yang bilang, 'zaman dulu penyakit ga sebanyak sekarang' ? Dulu kami ga kenal tuh sama kanker, tumor, apalagi AIDS. Satu-satunya penyakit yang kami khawatirkan saat itu adalah cacar dan TBC. Itu adalah salah satu pernyataan yang aku dengar dari orang tua di keluarga kami.

Mendengar dia bicara begitu aku tersenyum saja. Wajar saja dia berpendapat begitu, karena faktanya zaman dulu dokternya kan ga sepintar dokter sekarang. Perkembangan ilmu kedokteran yang begitu pesat tentu saja telah berhasil mengatasi penyakit yang dulunya masuk kategori berbahaya seperti cacar dan TBC. Dan perkembangan ilmu kedokteran jugalah yang berhasil menemukan jenis-jenis penyakit baru yang diakibatkan oleh virus-virus baru.

Tepatnya itu semakin wajar lagi mengingat zaman dulu polusi juga tidak separah sekarang. Zaman dulu berapa banyak sih jumlah kendaraan bermotor ? Dalam satu kota mungkin masih bisa dihitung dengan jari. Sementara ruang terbuka hijau juga sangat melimpah. Jadi orang-orang masih bisa menikmati oksigen segar dengan sepuasnya. Coba bandingkan dengan kita yang hidup dizaman sekarang ini. Udara yang kita hirup sudah tercemar berbagai macam, mulai dari asap kendaraan, asap pabrik, sampai asap rokok. Begitu juga air dan tanah. Tidak sedikit sungai-sungai di negeri ini yang dijadikan sebagai tempat pembuangan limbah. Dan semua itu adalah cikal bakal bagi beraneka ragam virus untuk tumbuh dan berkembang.

Berikut 7 Cara Pencegahan Penyakit yang aku dan keluarga jalani sehari-hari :


1. Jaga kebersihan diri, rumah dan lingkungan

Aah.. kalo ini mah keciilll.
Ada yang berpendapat begitu ?
Kalo kamu udah menerapkan poin pertama ini sih mungkin akan berpendapat begitu. Karena kebersihan tentu telah menjadi kebiasaan sehari-hari.

Tapi, bagi orang-orang yang malas dan ga peduli sama kebersihan, poin pertama ini bakal susah banget untuk mereka jalani. Jangankan untuk bersih-bersih rumah dan pekarangan, mandi pun dia jarang. Bahkan cuci tangan sebelum makan aja dia bisa lupa. Padahal tubuh yang udah dipakai untuk beraktiftas seharian itu pasti berkeringat. Nah, kolaborasi antara debu dan keringat yang menempel ditubuh inilah yang mengundang kuman untuk bersarang.

Dan ini juga berlaku untuk rumah dan lingkungan yang apa bila tidak dijaga kebersihannya akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Dengan selalu menjaga kebersihan diri, rumah dan lingkungan maka kita bisa terhindar dari penyakit diare, cacingan, pes, malaria, hingga DBD.

2. Hindari asap rokok

Jika susah untuk meminta orang-orang terdekat agar berhenti merokok, maka hindarilah mereka disaat mereka merokok. Jika perlu, di rumah buat peraturan 'No Smoking Area'. Ini penting banget agar kita-kita yang tidak merokok ini bisa terbebas dari asap rokok.

Image result for gambar bahaya asap rokok
dari pada mulut berbusa ngomong sama orang yang begini, mending menghindar deh, sayangi nyawa lo yang cuma ada satu

Perihal rokok ini, kadang-kadang aku suka mikir sendiri. Udah jelas-jelas barang yang satu ini lebih banyak mudharat dari pada manfaatnya, tapi kok masih juga dijual bebas dipasaran ? Kalo memang rokok ini adalah salah satu penyumbang devisa, maka pabrik-pabriknya ga bisa ditutup, lantas kenapa ga dibuat mahal aja ? Jadi yang bisa konsumsi hanya kalangan terbatas aja, ga merakyat seperti sekarang ini.

Padahal jelas-jelas dikemasannya sudah dituliskan dengan huruf besar, ROKOK MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN.  bahkan ada warning keras dibawahnya, "MEROKOK, MEMBUNUHMU" tapi orang-orang tetap juga tuh merokok. Ini membuktikan betapa rendahnya kesadaran masyarakat kita akan bahayanya rokok ini.

3. Jangan tambahkan vetsin atau MSG pada masakan

Masakan yang dibubuhi vetsin atau Mono Sodium Glutamate (MSG) memang terasa lezat. Tetapi tahu ga, tanpa disadarirasa lezat itu bisa membawamu lebih dekat ke kematian ?

Dari informasi yang aku baca, setiap orang membutuhkan sekitar 11 gram glutamate, yang dapat diperoleh dari sumber protein alami untuk mendukung fungsi otak dan metabolisme tubuh. Selain itu MSG alami ini juga bisa diperoleh dari proses fermentasi zat tepung dan gula tebu. Sayangnya, yang beredar di masyarakat adalah MSG buatan hasil olahan bahan kimia. Inilah yang menyebabkan MSG itu menjadi berbahaya bagi kesehatan.


Memang sih, dampak buruknya tidak akan dirasakan secara langsung. Tetapi jika dikonsumsi dalam waktu lama, maka MSG ini bisa memicu penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, kerusakan sistem syaraf, gangguan pernafasan, organ genital dan lainnya. 

Hal ini terjadi karena dalam pembuatannya, MSG dibuat pada proses pemanasan pada suhu tinggi dan waktu lama sehingga dapat membentuk pirolitis yang bersifat karsinogenik yaitu senyawa berbahaya yang dapat memicu kanker. 

Selain itu, salah seorang mantan ahli bedah syaraf benama Russell Blaylock dalam buku berjudul Excitotoxins -The Taste That Kills, menyebutkan bahwa MSG mengandung zat kimia yang bersifat excitotoxin sehingga dapat merusak sel-sel otak.

Mantan ahli bedah syaraf benama Russell Blaylock dalam buku berjudul Excitotoxins -The Taste That Kills, menyebutkan bahwa MSG mengandung zat kimia yang bersifat excitotoxin sehingga dapat merusak sel-sel otak.

Sumber asli: https://tradisioanal-obat.blogspot.co.id/2015/05/efek-bahaya-msg-bagi-kesehatan.html
Obat Alami - Tips Kesehatan, Tips Kecantikan dan Gaya Hidup Sehat
Mengkonsumsi MSG dalam waktu lama menyebabkan penimbunan asam glutamat di dalam jaringan sel otak, sehingga mengakibatkan kelumpuhan. 

4. Menjauhi makanan cepat saji/instan

Di zaman sekarang, dimana orang-orang hidup super sibuk dan mendewakan 'waktu adalah uang', maka makanan cepat saji adalah satu solusi untuk menghemat waktu. Gimana gak, untuk kenyang mereka tidak perlu menghabiskan jatah waktu istirahat siang mereka kan ? Tetapi makanan cepat saji sebenarnya sangat tidak baik bagi kesehatan. Karena makanan cepat saji itu pada umumnya mengandung bahan-bahan seperti gula buatan, pewarna makanan, pengawet dan penyedap rasa. Hal inilah yang membuat makanan cepat saji tampak menggugah selera sehingga orang-orang menjadi ketagihan. 



Sayangnya, rasa ketagihan mereka itu berdampak buruk pada kesehatan. Salah satu dampak buruk dari mengkonsumsi makanan cepat saji ini adalah obesitas. Bahan-bahan yang digunakan dalam mengolah makanan cepat saji membuat tubuh mengalami kesulitan untuk mengurai lemak yang masuk sehingga mengakibatkan kegemukan.

Selain itu, makanan cepat saji juga mengandung lemak jahat atau lemak trans. Hal inimembuat hati harus berkerja lebih keras untuk membersihkan berbagai zat yang tergolong beracun dalam tubuh, akibatnya lama kelamaan menyebabkan kerusakan hati.

Jika makanan cepat saji bisa menyebabkan obesitas, maka sudah bisa dipastikan dia juga bisa menyebabkan diabetes. Karena obesitas ini punya koloni, dan dia bisa mengundang penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes, kardiovaskular dan hipertensi. 

Hmm.. memang ga salah deh keputusan untuk menjauhi makanan cepat saji  ini. Kamu juga, jangan akrab-akrab sama menu yang satu ini ya.

5. Perbanyak makan sayur dan buah.

Buah dan sayuran memiliki beragam vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena mereka berfungsi untuk memenuhi asupan nustrisi tubuh agar selalu sehat dan segar.

Tak hanya itu, sayuran dan buah juga kaya akan serat, yang bermanfaat demi kelancaran pencernaan. Sayur dan buah juga dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang bisa mengikat radikal bebas sehingga mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. 

Image result for gambar sayur dan buah lokal
 Ga harus sayur dan buah import, yang lokal sama kok kandungan nutrisinya


Mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari membuat tubuh kita sehat dan terhindar dari penyakit karena sayur dan buah itu bermanfaat untuk :
  • Menurunkan tekanan darah sehingga terhindar dari penyakit hipertensi
  • Menurunkan kolesterol sehingga terhindar dari resiko terkena penyakit jantung
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh selalu sehat dan tidak mudah sakit
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi, sehingga terhindar dari osteoporosis
Wow.. beruntunglah mereka yang menyukai buah dan sayuran, dan bagi kamu yang masih enggan makan sayur dan buah mulai biasakan gih,, emangnya ga mau punya tubuh sehat dna segar ?


6. Penuhi kebutuhan vaksin

Meskipun memiliki keterkaitan yang erat, sebenarnya vaksin, vaksinasi dan imunisasi itu berbeda. Perbedaannya adalah :
  • Vaksin adalah jenis produk yang digunakan untuk memperoleh sistem kekebalan
  • Vaksinasi adalah suntikan yang diberikan untuk menghasilkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit yaitu dengan cara melemahkan atau membunuh organisme penyebab penyakit
  • Imunisasi adalah suatu proses agar terlindungi dari penyakit dengan cara pemberian vaksin pada proses vaksinasi.
Image result for gambar vaksinasi

Vaksin untuk orang dewasa:
  • Vaksin toksoid untuk pencegahan tetanus
  • Vaksin HPV quadrivalent (gardasil) untuk pencegahan HPV
  • Vaksin Varicella untuk pencegahan cacar air
  • Vaksin Typhoid untuk pencegahan penyakit Thypus
  • Vaksin MMR untuk pencegahan campak, gondongan dan rubella
  • Vaksin influenza untuk pencegahan penyakit flu
  • Vaksin polisakarida pneumokok untuk pencegahan pneumonia
  • Vaksin hepatitus A & B untuk pencegahan penyakit hepatitis A dan B
  • Vaksin meningitis 
  • Vaksin herpes zoster
Vaksin yang wajib untuk anak-anak :
  • Vaksin BCG untuk pencegahan TBC
  • Vaksin toksoid untuk pencegahan tetanus, difteri dan pertusis
  • Vaksin polio
  • Vaksin campak
  • Vaksin hepatitis B

Hayooo... coba diingat lagi,, vaksinmu udah lengkap belum nih ?


7. Olah raga teratur

Ada yang malas olah raga di sini ? 
Hmm.. mulai sekarang buang jauh-jauh deh rasa malasnya. Karena apa ? Karena berolah raga secara teratur dan tidak berlebihan adalah salah satu cara untuk bisa sehat optimal. Dengan rutin berolah raga seseorang akan mendapatkan manfaat yang berlimpah yaitu :
  • Mengontrol berat badan sehingga terhindar dari obesitas
  • Menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik sehingga terhindar dari strooke, diabetes, kanker dan penyakit jantung
  • Meningkatkan jumlah oksigen dan nutrisi yang sampai ke sel sehingga kekuatan otot dan daya tahan meningkat.
  • Meningkatkan produktifitas hipppcampus yang memacu daya ingat
  • Melancarkan aliran darah
  • Meningkatkan Hormon totesteron yang berpengaruh pada gairah seks.
  • Membantu menyeimbangkan hormon sehingga terhindar dari penyakit gangguan hormon
  • Meningkatkan zat antibodi yang berarti juga meningkatkan sistem imun
Tuh.. tau manfaatnya sebanyak itu masih mikir buat berolah raga ?


#IChooseToPrevent : Cegah Sakit bersama In Harmony Clinic

Untuk warga Jakarta ada kabar super baik nih. Karena beralamat di Jl. Percetakan Negara IVB No. 48 Johar Baru, Jakarta Pusat,  In Harmony Clinic hadir dengan mengusung konsep medical, preventive, alternative health.
Bukan hanya memberikan pelayanan dalam pengobatan, In Harmony Clinic juga mensosialisasikan upaya-upaya preventive untuk pencegahan penyakit.



Ada 3 jenis layanan yang diberikan oleh In Harmony Clinic :
1. In Harmony Clinic medical
2. In Harmony Clinic immunity
3. In Harmony Clinic alternative/herbal


Jadi selain memberi pengobatan secara medis, In Harmony Clinic juga menawarkan solusi pengobatan secara herbal. Sedangkan untuk tindakan pencegahan juga menyediakan layanan vaksinasi lengkap dengan jadwal yang jelas.


Aku udah ubek-ubek rumahnya Mbah Google, tapi tetep aja ga nemu dimana Bp. Charlie itu berada. Jadi sorry ga bisa kasih liat penampakan Bp Charlie itu gimana. Ada yang tau orangnya ga ? Pengen kenalan sama orang yang dermawan kaya dia, biar ketularan dermawan juga :)
Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, In Harmony Clinic juga mengadakan program layanan kesehatan untuk Panti Werdha Wisma Mulia dalam program In Harmony Clinic Charity. Program ini dimotori oleh Bp Charlie yang juga merupakan donatur tetap program kesehatan bagi anak-anam di RSCM. Ide yang dicetuskan oleh Bp Charlie ini ditindak lanjuti oleh In Harmony Clinic dengan membangun visi Oma Sehat Wisma Mulia 2012.



In Harmony Clinic ini berkomitmen untuk menciptakan pusat layanan kesehatan holistik yang menyediakan berbagai opsi layanan medis, alternative dan preventive.

***
Tulisan ini diikut sertakan dalam Blog Competition "Tindakan Pencegahan Penyakit" bersama Blogger Perempuan dan In Harmony Clinic
***

MSG merupakan salah satu garam natrium dari asam amino non-esensial (asam glutamate) yang biasanya dipasarkan dalam bentuk kristal halus. Sebenarnya setiap orang membutuhkan sekitar 11 gram glutamate, yang dapat diperoleh dari sumber protein alami untuk mendukung fungsi otak dan metabolisme tubuh. MSG diperoleh dari proses fermentasi zat tepung dan gula tebu.

Sumber asli: https://tradisioanal-obat.blogspot.co.id/2015/05/efek-bahaya-msg-bagi-kesehatan.html
Obat Alami - Tips Kesehatan, Tips Kecantikan dan Gaya Hidup Sehat
MSG merupakan salah satu garam natrium dari asam amino non-esensial (asam glutamate) yang biasanya dipasarkan dalam bentuk kristal halus. Sebenarnya setiap orang membutuhkan sekitar 11 gram glutamate, yang dapat diperoleh dari sumber protein alami untuk mendukung fungsi otak dan metabolisme tubuh. MSG diperoleh dari proses fermentasi zat tepung dan gula tebu.

Obat Alami - Tips Kesehatan, Tips Kecantikan dan Gaya Hidup Sehat






4 komentar

Sudah mulai mencoba melakukan7 cara di atas mba, terutama no 3 sudah lama ga pakai vetsin di masakan :)

REPLY

sippp mba, kita emang ga boleh nyerah dalam hal ini..

REPLY

Postingan yang bermanfaat. Yang nomor 3 itu masih kendala #maklumanakkost. Kalo yang nomor 6, aku masih ngebujukin orangtua biar vaksin bareng-bareng, hihihi.
Selamat ya, Mbak, kompetisinya menang (:

REPLY

terimakasih mba.. semoga kita selalu dalam keadaan sehat ya,..

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id