Wednesday, May 20, 2015

Waktu ngadain wedding party tahun 2009 lalu, aku dan calon suami ga kepikiran soal konsep atau apa pun, yang ada dalam pikiran kami saat itu hanyalah ijab kabul, trus sah jadi suami istri. *ketahuan banget kalo udah kebelet nikah yak heheh*




Sekarang usia pernikahan kami udah jalan 6 tahun, alhamdulillah ga terasa udah 6 tahun aja. Dan kami juga udah dikarunia seorang putri nan cantik jelita *boleh donk muji anak sendiri*.
Membuka-buka album pernikahan enam tahun yang lalu mau tidak mau kembali mengingatkanku betapa rempongnya kami saat itu. Karena mulai dari cari pelaminan, cetak kartu undangan sampe urusan catering aku terlibat aktif didalamnya. Bukannya ga percaya sama yang ngurusin, tapi kalo ga tau rinciannya dengan detil rasanya itu kok ya ada yang kurang gitu. Berkaca dari pengalaman pernikahan waktu itu, dalam pikiranku jadi terbentuk sebuah konsep pernikahan impian yang kelak mungkin bisa aku wujudkan untuk sibuah hati. *alamaaakkk.. itu bocah masih balita kan yak..*

Tapi ga da salahnya kan ya ? Merancang konsep pernikahan yang murah, meriah dan mengesankan seumur hidup. Berkesan bagi yang punya hajatan, juga berkesan bagi tamu-tamu yang hadir. Kalo bisa kenangan pernikahan itu akan selalu diingat oleh semua tamu hingga akhir hayat mereka. Nah.. lho.. gimana caranya tuh yah ? *garuk-garuk kepala*

Beberapa kali menghadiri pernikahan kenalan, sahabat dan kerabat, aku mendapatkan ide dari beberapa rangkaian acara di pesta pernikahan mereka. Apa saja itu ? Yuk kita buat daftarnya :

  • Buat Sendiri Kartu Undangan
Jika hobby berkreasi dengan handycraft, nah kartu undangan ini adalah ajang promosi yang tidak boleh di lewatkan. Saya pernah menerima kartu undangan berbentuk tangan yang di telungkupkan, keren banget. Dibuat oleh pengantinnya sendiri. Di dalamnya baru di tempelin informasi sebagaimana yang ada diundangan pada umumnya.

  • Ijab kabul yang Sakral
Kesakralan ijab kabul ini akan terus membekas dalam ingatan orang-orang yang hadir di ruangan itu. Sebelum acara ijab kabul, dahului dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an berikut terjemahannya. Akan sangat berkesan jika yang bertindak sebagai Qori/Qori'ah-nya adalah pengantin itu sendiri. Berkesan bagi pengantin itu dan juga tamu yang datang. Insya Allah juga lebih berkah.

  •  Manfaatkan lapangan sebagai area pesta
Mengadakan pesta di lingkungan perumahan yang berhalaman sempit rasanya sungguh tidak nyaman, karena biasanya yang empunya pesta menggunakan badan jalan sebagai tambahan area pesta. Nah, hal ini tentu saja  mengganggu pengguna jalan kan ? Kan ga enak banget kalo di belakang kita orang-orang pada ngomel karena merasa terganggu dengan pesta yang kita adakan. Kalau sudah begini biasanya orang-orang akan beralih ke gedung sebagai tempat pestanya. Namun sewa gedung pun bukanlah murah. Nah untuk menyiasati ini, bisa digunakan lapangan terbuka seperti lapangan sepakbola, lapangan voli dan lain-lain. Biasanya untuk urusan ini bisa meminta persetujuan RT atau RW setempat.

  • MC yang Humoris
Kepiawain pembawa acara yang humoris akan sangat membekas di ingatan para tamu undangan. Terlebih lagi jika pembawa acara itu juga bisa bernyanyi. Seperti di pesta pernikahan ku dulu yang bertindak sebagai MC adalah paman sendiri yang orangnya humoris dan juga gaul abis. Sampai-sampai tamu undangan betah duduk berlama-lama meskipun hidangan didepan mereka telah habis. Hehe..

  • Menu beragam ala Pujasera
Mungkin teman-teman tidak percaya jika aku bilang ide ini ada di pesta pernikahanku. Tau ga ? sampai sekarang setiap ketemu dengan tamu-tamu undangan dulu mereka selalu berkomentar, "duh.. kalo soal makanan pesta, aku ga akan pernah lupa dengan menu di pestamu itu, serasa berada di pujasera, semua ada".

Hehe.. senangnya dengar mereka berbicara seperti itu. Saat itu kami menyediakan kurang lebih 20 macam jajanan pujasera. Mulai dari aneka gorengan, kue basah, hingga hidangan penutup seperti serabi. Hmm.. maknyus..

Sementara hidangan berat seperti nasi justru kami kurangi. Karena kebanyakan tamu yang datang tidak memakan nasi, mereka lebih memilih hidangan seperti soto, sate, bakso atau gado-gado. Jadi untuk empat menu yang aku sebutin tadi lebih baik langsung panggil pedagangnya aja. Biar aja mereka taruh gerobaknya di area pesta. Ntar bayarnya juga lebih mudah, tinggal hitung berapa piring tamu yang makan. Dan satu lagi, kita juga  tidak direpotkan dengan urusan piring kotor. Hehe.. Sst tau ga ? waktu itu aku nebar 500 undangan, tapi buat makanan ga nyampe 4jt. Padahal menunya melimpah. *tueng-tueng*
  • Baju Pengantin, Pelaminan dan Tenda satu paket
Biar hemat, aku dulu menyewa baju pengantin satu paket dengan pelaminan dan tenda dari satu salon yang lengkap. Jadi mulai dari tata rias, sampai ke kamar pengantin adalah tanggung jawab mereka. Jadi mereka juga sudah tau menyelaraskan pakaian pengantin dengan warna dekorasi kamar, dekorasi pelaminan, kursi tamu dan tenda. Yang empunya pesta tinggal tau beres soal yang beginian. :D

  • Dokumentasi
Dokumentasi berupa foto atau pun video adalah yang ga terpisahkan dari pesta. Rasanya ga afdal banget jika ga ada yang namanya dokumentasi. Namun jasa fotografer yang lumayan mahal akhir-akhir ini membuat aku rada-rada mikir untuk memakai jasa mereka. Untungnya ada sodara yang punya kamera dan handycam, jadi soal dokumentasi aku serahin  total deh ke dia. Haha.. Jadi sebelum menemui fotografer, ada baiknya di antara anggota keluarga dan sahabat di searching dulu siapa yang punya kamera atau handycam. 

  • Doorprize di Acara Hiburan
Acara hiburan memang tidak akan pernah terelakkan dari yang namanya pesta. Minimal-minimalnya MP3 player pasti beraksi di acara beginian. Kalau menyewa organ terasa memberatkan, memasang TV untuk karaokean juga asyik. Justru cara ini menghemat uang dalam jumlah besar, namun meninggalkan kesan yang tidak terlupakan bagi mereka yang melihat. Akan lebih bagus lagi jika diselipkan doorprize bagi tamu undangan. Untuk melancarkan acara ini, setiap tamu yang datang dikasih nomor sesuai urutan di buku tamu. Ntar hadiahnya tergantung budget dari pemilik pesta.
Nah .. itu dia konsep pernikahan impian yang ada dalam pikiran saya. Pengantin bahagia, tamu undangan juga bahagia. Semua orang bisa berbagi bahagia bersama dalam pesta yang sederhana, murah, meriah dan berkesan.



 

10 komentar

hmmm...menarik konsep pernikahannya, gak ribet ya mak

REPLY

Menarik tuh Mak konsepnya, adek saya dulu juga di lapangan terbuka, tinggal sediain pawang hujan hehehe. Soal doorprize kayaknya lebih menarik lagi tuh.

REPLY

doorprize?? wah kayak jalan santai dong mak.

REPLY

Suka dengan konsep doorprize-nya hi..hi..

REPLY

tul banget, ga ribet ya mak

REPLY

tul mak, sedia pawang sebelum hujan.. hehe

REPLY

mirip dikit ga apalah mak, yg penting berkesan kan maak.. haha

REPLY

sepertinya asyik ya maak ..

REPLY

Seru ini konsepnya Mak :D. Beda dari yg udah ada.

REPLY

beneran mak Vhoy ? alhamdulillah.. bolehlah diterapkan ntar di wedding party-nya mak Vhoy hehe

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id