Senin, 06 April 2015

Resolusi Diri, Bebas Hutang dengan #BeraniLebih Hemat



Jika suatu saat ada sebagian dari teman-teman yang ketemu ga sengaja dengan aku dijalan, trus dengan latah nodong aku dengan sebuah pertanyaan “apa yang bisa membuatmu bahagia selain dari suami dan anak ?” Dont worry be happy guys, aku pasti bisa langsung jawab “bebas dari segala bentuk hutang, bahwa sesungguhnya hutang itu menyengsarakan, dan oleh sebab itu segala bentuk hutang piutang harus di hapuskan, karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan” #ehh

Kok jadi UUD 45 yak ?! ya sudahlah, yang pasti menurut aku segala bentuk hutang piutang itu sangat menyengsarakan. Bahkan dalam sebuah hadistnya baginda Rasulullah mengingatkan bahwa "Sesungguhnya seseorang apabila sedang berhutang ketika dia berbicara biasanya berdusta dan bila berjanji sering mengingkarinya," (HR Bukhori). Deuu.. jadi makin pengen segera bebas dari hutang.

Tapiiii.. untuk merealisasikan impian itu butuh usaha dong yaa. Ga cukup cuma doa siang malam tanpa henti tapi usaha ga ada, ya sama aja dengan bohong kan ? Maka dari itu, aku dengan lantang berikrar “Bebas hutang dengan #BeraniLebih hemat” !

Yaa.. beginilah diriku teman-teman, sebagai salah satu anggota VVIP dari BPJS alias Buibu Pas-pasan Jiwa Sosialita *glek*, satu hal tersulit untuk dilakukan dalam hidup ini adalah berhemat. Meskipun ketika terima gaji udah di takar segala biaya yang harus dikeluarkan, eh tetep aja nantinya adaaa aja uang keluar sehubungan dengan jiwa sosialita tadi. Yang paling sering kejadian itu ya pas arisan. Antara mata, hati, sama dompet suka ga sinkron. Sebenarnya hati kecil udah memberi bisikan “ga usah, ga penting, yang lama masih bagus kan”, tapi hasutan mata lebih kuat “hei.. limited edition tuch, jarang-jarang lho diskon gitu, bla..bla..bla”. Alhasil, dompet jadi sasaran. Ujung-ujungnya kebobolan lagi, batal deh nabung, gagal ngelunasin hutang. Nah.. kalo udah begini nih, yang ada nyesel, trus nyalahin mata yang ga bisa jaga pandangan #lho.

Jadi mulai detik ini aku bertekad, kepada diri sendiri harus lebih tegas agar bisa #BeraniLebih hemat. Caranya :

  1. Ga bawa uang lebih saat arisan atau jalan-jalan. Agar terhindar dari lapar mata sehingga terbebas dari dompet bocor.
  2. Jika ada uang berlebih, langsung drop-in ke hutang, agar jumlah hutang semakin kecil. 
  3. Setelah gajian, dahulukan beli keperluan pokok dan bayar hutang.
  4. Diakhir bulan #BeraniLebih hemat, kencangkan ikat pinggang dan ga buat hutang baru, biar ga terperangkap ranjau gali-lobang-tutup-lobang
Nah, itu resolusi diri aku untuk bebas dari hutang dengan #BeraniLebih hemat. Mohon doanya yaaaa.

******
Tulisan ini diikut sertakan dalam

Kompetisi Tulisan Pendek #BeraniLebih di Blog


Twitter : @meyrida2581
FB : merida orlanduri
******

3 komentar:

  1. BPJS alias Buibu Pas-pasan Jiwa Sosialita *ngekek aku mak* hahha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha .. makasih mak udah mampir..

      Hapus
  2. hihihi... singkatannya boleh juga tuh... :)
    salam kenal

    BalasHapus


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal