Friday, March 13, 2015

Bismillahirrahmaanirrahiim..

Horee.. aku berhasil pindah 'rumah' ni teman-teman. Kali ini aku mau berbagi pengalaman seruku waktu pindahan rumah hari ini.

Ceritanya begini, pada suatu pagi ketika selesai mandi, tiba-tiba aku teringat blog *apa hubungannya yak*
ya sutra lah.. aku sendiri yang empunya blog tidak mengerti mengapa tiba-tiba teringat blog, tau-taunya sekelebat ide muncul di benakku. Blog-ku ini sudah menghuni wordpress itu kurang lebih 2 tahun, banyak pengalaman seru ku disana dari cara posting, setting widget, sampai ke ganti header. Tapi akhir-akhir ni aku merasa sedikit kebuntuan dalam bereksplorasi *hallaaahh*. Jadi kenapa aku ga coba pindah aja ya ? Soalnya beberapa kali nyambangin blog teman-teman di KEB kebanyakan pake blogger, kayanya asyik juga tuh. Secara aku memang belum pernah nyobain blogger, jadi kaya'nya boleh juga tuh di coba.

Sesampai dikantor, setelah melakukan rutinitas pagi, aku segera meluncur ke rumah Mbak Google meminta wangsit biar diajarin cara pindah dengan mudah *ketahuan dech, ngeblog pake fasilitas kantor* Alhamdulillah, ternyata Mbah Google dengan murah hati menunjukkan alamat guru yang tepat buat aku, alamatnya ada di sini ya. Ternyata pindahan dari wordpress ke blogger itu ga susah lho. Buat teman-teman yang pengen tau, nih aku tadi udah buat catetannya, ntar salin yang rapi ya :)

  1. Pertama coba masuk dashboard wordpress, lalu cari menu perkakas, kemudian pilih export, nah setelah itu pilih 'semua', setelah itu akan tercipta file berupa file XML.
  2. File XML yang di ekspor dari wordpress itu harus di convert dulu supaya bisa di baca oleh blogger, caranya adalah, kamu klik http://wordpress2blogger.appspot.com, setelah muncul tampilannya seperti gambar di atas, pilih file XML tadi, kemudian pilih convert, tunggu beberapa menit maka akan muncul file baru dengan nama blogger-export.xml.
  3. Setelah itu masuk dashboard Blogger, pilih menu setelan, kemudian pilih menu lainnya, nah disana ada pilihan impor blog, klik pada menu itu maka akan muncul pilihan untuk memasukkan file,maka pilihlah file yang sudah di convert tadi, setelah itu ikuti perintah yang ada, nah dalam beberapa menit blogger akan membaca file XML tersebut dan segera menerbitkannya di blogger. Jika sudah selesai, maka cek tampilan blogger pasti semua postingan yang ada di wordpress sudah ada di blogger termasuk komentarnya.

    Tarraaaa.. inilah tampilan blog aku yang baru. Keren kan ? YA.. bilang..YA.. lagi.. YA *maksa*. Semua postingan n komentarnya ikut pindah juga lho, cuma statistik blognya ga bisa ikut, jadi terpaksa deh aku relain statistik sebelumnya yang udah masuk angka 600-an hits, buat aku yang newbie angka segitu kan udah banyak.. hiks.. *kadang disitu saya merasa sedih*. Tapi its okay, mari kita cari lagi visitor seeeebanyak-banyaknya, semangat !

    Naah itu cerita seruku hari ini. 
    Bagaimana dengan mu ?

2 komentar

hahaha :D seru juga. Lha saya juga baru aktivasi blog seytelah 2 tahun vakum. Coba klo dulu serius menulis, pasti postingan saya udah banyak tuh :)

REPLY

iya mbak.. seru banget.. hayu kita semangat nulis lagi mba :D

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id