Friday, March 20, 2015

Sebenarnya saya merasa tidak terlalu pede jika harus membahas tentang sebuah tanggung jawab. Karena dengan pengalaman hidup yang masih sautil rasanya masih belum pantas saya memberikan pendapat seputar hal ini.

Tapi banyaknya peristiwa yang terjadi disekitar saya, yang jika dirunut ke belakang, sebagian besar terjadi karena adanya faktor kelalaian akan tanggung jawab yang diemban. Hal inilah yang akhirnya mampu menggelitik sanubari saya untuk menuangkan beberapa pendapat saya tentang Memaknai Arti Sebuah Tanggung Jawab.

Sebelum membahas tanggung jawab pada orang lain, terlebih dahulu saya membahas tentang tanggung jawab yang melekat pada diri saya pribadi. Saya tidak berani mengomentari orang-orang disekeliling saya, sebelum saya mengkaji lebih dalam diri saya sendiri.

Siapa saya ?

Ini adalah langkah awal saya untuk mengetahui tanggung jawab yang saya emban. Saya adalah seorang ibu, seorang istri, seorang menantu, juga seorang karyawan. Dengan semua label yang ada dipundak saya, saya harus memahami dengan baik apa tugas dan tanggung jawab saya sesuai label-label tersebut. Selain itu saya juga harus mengetahui dengan persis apa resiko yang terjadi jika saya melalaikan tugas dan tanggung jawab saya itu. Dan masih banyak lagi label yang melekat pada diri seseorang, dan tentulah semua label itu memuat tugas dan tanggung jawab di dalamnya.

Agar resiko yang tidak diharapkan itu tidak terjadi masing-masing orang yang memegang tanggung jawab hendaklah menjalankan tugasnya dengan baik. Jangan sampai hanya karena rasa jenuh sesaat, orang itu lalai dengan tugasnya. Sudah banyak terjadi bukan, hanya karena mengabaikan rasa kantuk yang mendera, seorang supir bus bisa merenggut nyawa semua penumpangnya. Siapa sih yang mau musibah seperti itu terjadi ? Tidak ada bukan ? Tapi karena pihak-pihak yang bertanggung jawab didalamnya suka lalai dan remeh karena merasa telah mahir atas apa yang dikerjakan, resiko ini harus diterima oleh semua orang yang berada disekitarnya.

Image result for gambar animasi
Sumber
Saya rasa hal ini juga berlaku dalam hal berkerja. Sebagai seorang admin saya memahami dengan baik tugas dan tanggung jawab saya adalah mengirim laporan tepat waktu. Terkadang karena jenuh atau terlena dengan mudahnya perkerjaan, tidak jarang saya menunda perkerjaannya dan sibuk melakukan aktifitas lain yang tidak berhubungan dengan perkerjaannya. Padahal jika mau merenung lebih dalam, sebenarnya ada orang lain yang dirugikan ketika kita menunda kewajiban yang seharusnya kita lakukan tepat waktu.
Memahami betapa besarnya dampak dari sebuah kelalaian, saya pun berbenah diri. Setelah melihat banyak bukti yang terjadi, akhirnya saya sampai pada satu kesimpulan bahwa Kedisiplinan kita mempengaruhi efektifitas kerja orang lain.






Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id