Thursday, February 12, 2015

Bagi anda-anda yang pekerja kantoran tentulah tidak asing lagi dengan yang namanya database, karena biasanya setiap perusahaan memiliki database sebagai wadah penyimpanan dan pengolahan data mereka. Namun bukan tidak mungkin masih ada beberapa perusahaan yang mungkin masih berskala kecil yang belum memiliki database untuk data-data mereka. Jadi para admin yang berkerja harus mampu menyelesaikan semua deadline secara manual di Ms. Excell.

Sebenarnya Ms. Excell memang telah cukup mumpuni untuk dijadikan sarana pengolahan data, hanya saja masih banyak kelemahan-kelemahan di MS. Excell ini yang membuatnya tidak cukup praktis untuk digunakan. Misalnya dalam penginputan data penjualan, yang beberapa kolomnya sudah tentu berisikan rumus-rumus perkalian, persentase dan lain-lain. Jika si Admin tidak jeli dan teliti dalam berkerja bisa saja ketika penginputan data rumus tidak berjalan sebagai mana mestinya. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor di antaranya lupa mengCopy rumus pada baris sebelumnya, atau lupa ngeLock rumus sehingga ketika salah pencet keyboard rumus berubah, dan lain-lain. Belum lagi jika inputan data kita memiliki beberapa indikator yang harus dijadikan acuan dalam membuat laporan. Kita harus membuat rumus tambahan, atau gunakan Pivot Table. Ditambah lagi kita harus rajin-rajin Save data untuk menghindari kehilangan data inputan jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik. Jadi secara umumnya, penggunaan Ms. Excell masih belum cukup praktis untuk dijadikan sarana penyimpanan dan pengolahan data.

Berdasarkan fakta yang saya kemukakan diatas kita tidak perlu berkecil, karena selain Ms. Excell, Ms.Office masih memiliki satu program lagi yaitu Ms. Access. Berdasarkan pengalaman saya yang telah membuat dan menggunakan aplikasi berbasis Ms.Acces jujur saja saya mengatakan bahwa Ms.Access jauh lebih nyaman untuk digunakan. Karena dengan satu kali kerja, kita bisa menikmati beragam bentuk tampilan report sesuai kebutuhan. Saya juga tidak perlu khawatir inputan saya tidak tersimpan ketika ada pemadaman listrik, karena Ms. Access telah dilengkapi fitur Auto Save demi kenyamanan usernya. Kelebihan Ms. Access lainnya adalah kita bisa merangcang tampilan laporan kita seindah mungkin, karena Ms.Access memiliki beberapa template bawaan yang bagus-bagus banget. Saya telah menggunakan Ms. Access ini untuk berbagai macam kebutuhan diantaranya untuk Kasir, Layanan Service Barang, Gudang Sparepart dan juga toko stationary. Bahkan di kantor tempat saya berkerja sekarang saya gunakan untuk keperluan Admin AR guna mengontrol piutang pelanggan.

Beda banget dengan aplikasi yang berbasis selain MS. Access yang membutuhkan server khusus dan juga berbayar, MS. Access ini justru sebaliknya tidak membutuhkan server khusus, cukup PC anda sendiri sebagai servernya, dan gratis juga pastinya. Rasanya cukup tepatlah judul postingan ini saya buat, karena MS. Access memang database mini, tapi hasilnya maxi. Jadi buat teman-teman yang mengalami kendala di Ms. Excell, buruan deh beralih ke Ms. Access. Ntar teman-teman bisa rasakan sendiri bedanya.

Ga percaya ??

Saya sudah membuktikan :D, berikut contohnya :

1. Contoh tampilan Form Login

Login Form2. Contoh tampilan MAIN FORM



Main Form3. Contoh tampilan REPORT

Tampilan Report

2 komentar

wah, saya blum pernah nyoba pake access, slama ini pakai excel aja...

REPLY

cobain aja mbak.. user friendly kok.. saya dah coba sendiri..

REPLY


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal

Meirida.my.id . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | for Meirida.my.id