Kamis, 10 Juli 2014

Me N Access

Pernah dengar Access kan fren ? Access yg aku maksud itu bukan akses indonesia, tapi MS. Access di Windows.
Sekarang ni, aku mo buka2an tentang hobi ku yang satu ini. berlatar belakang kesulitan yang kuhadapi ketika berkerja sebagai administrasi di salah satu kantor perwakilan perusahaan distributor elektronik. Ketika itu semua kegiatan administrasi di kantorku dilakukan secara manual. Biar teman2 ngerti ni, aku gambarin dulu deh alur dokumen yang saat itu aku anggap ribet. Begini, setelah terima data order dari sales, aku kirim fax ke cabang, ntar cabang terbitin fakturnya kemudian barangnya dikirim oleh gudang langsung ke customer. Trus selang beberapa hari faktur tadi dikirim oleh cabang ke kantor perwakilan (KP). Nah, aku sebagai admin di KP membukukan faktur tersebut per customernya, per tanggal jatuh temponya. Trus membuat nota penagihan sesuai faktur jatuh tempo ke customer. Nah semua ini dilakukan manual, baik dibuku, maupun untuk pelaporan di komputernya. Yang membuat kewalahan saat itu, sebenarnya bukan di faktur2 ini, tapi karena aku juga bertugas sebagai admin service yang menangani Complain Service customer, dan juga pembuatan Surat Jalan untuk pengeluaran Suku Cadang perbaikan. Semua ini lagi-lagi dilakukan secara manual.

jadi singkat cerita, suatu siang, dikala jam istirahat, setelah selesai makan siang, aku hangout di depan komputer. awalnya sih iseng2 mo dengerin musik. Tapi lama kelamaan tanganku mulai iseng membuka-buka Ms.Office. Disinilah aku kenal Ms.Access pertama kali. Dengan panduan Help (f1) aku mempelajari Ms. Access dengan serius. Step by step aku langsung praktekkan semua ilmu yang kudapat, dengan sedikit berimprovisasi data sesuai kebutuhan.

awalnya sempat stress juga, karena begitu semua tabel, form di seting sedemikian rupa, giliran di reportnya 'data yang tampil ga sesuai dengan harapan'. tapi itulah ciri khas aku teman2, aku ga mau nyerah, karena aku ngerasa ini nih jawaban atas kendala yang kuhadapi. Tanpa pikir panjang aku berburu ilmu Ms.Access ini di internet. Alhamdulillah dalam waktu 4 bulan, aplikasi yang kuidamkan (sesuai kebutuhan) saat itu rampung.

Seiring berjalannya waktu, tingkat kebutuhan laporan pun semakin meningkat, dan aku juga semakin meningkatkan kegigihanku dalam mencari ilmunya di internet. Aku kemudian bergabung di milis-milis Access dimana tempat berkumpulnya para Master Access. Mereka sungguh baik, dan tidak pelit dengan ilmu. Thx to Milis Access..

Prestasi kebanggaan ku saat itu adalah, ketika aplikasi yang aku buat untuk maintenance barang service diakui oleh IT Pusat, dan ditautkan dengan Aplikasi Induk perusahaan. Alhamdulillah !! Aku bersorak dalam hati karena kegirangan. Meskipun momen2 itu tidak aku rasakan langsung, karena ketika momen ini terjadi aku telah resign dari perusahaan itu, namun berita baik ini aku dapat dari Admin pengganti ku dan dari BMnya langsung. Lagi2 Alhamdulillah.. tak henti2nya meluncur dari mulutku.

Hingga saat ini tercatat sudah 5 aplikasi aktif dan digunakan oleh perusahaan tempat ku berkerja dulu :
1. Aplikasi BPS (Bukti Penerimaan Service) di PT.Bangun Indo Tiga / PT.Perdana Makmur Sejahtera
2. Aplikasi Tagihan Kapal di PT. Bahari Sandi Pratama
3. Aplikasi DHA (Deposit Helper Aplication) di CV.Pelita Online
4. Aplikasi Stationary Store di Dysha Grafika
5. Aplikasi CAR (Credit A R) di Orlando Cash & Credit

Next StepByStep Pembuatan Aplikasi Sederhana untuk varian job

1 komentar:

  1. […] janji saya pada postingan sebelumnya  maka hari ini saya tepati janji tersebut dengan membagi kisah saya tentang Step by Step Merancang […]

    BalasHapus


Terimakasih telah berkunjung ^.^
Tinggalkan komentar ya, biar kita saling kenal